Tes Potensi Skolastik Pada UTBK 2020


Perkembangan demi perkembangan dengan penyesuaian untuk mengantisipasi merebahnya wabah covid-19 akhirnya berakhir pada penggunaan Tes Potensi Skolastik (TPS) untuk UTBK. Sekaligus membuyarkan kerja keras dalam mempelajari matematika ipa, fisika, biologi, kimia, matematika ips, ekonomi, geografi, sejarah dll. Ada yang senang dengan kondisi ini, pasti, mereka-mereka yang tidak pede menghadapi fisika, matematika ipa dan ips, kimia, biologi, ekonomi, sejarah, geografi dll😀. Namun bagi yang sudah belajar keras, apalagi sudah menghabiskan waktu untuk mempelajarinya, mengerjakan soal-soalnya bisa agak merasa kecewa, wajar💪, yang semangat ya gaes....

Lalu bagaimana kira-kira peluang untuk diterima di jurusan favorit? Menurut saya ya sama saja sulitnya😀, persaingan semakin ketat. Pasti diantara mereka-mereka ada yang gambling untuk mencoba jurusan favorit, pasti. Kesempatan mumpung gak ada matpel sulit. Hal ini menurut saya justru mengacaukan peta persaingan, karena ada beberapa anak yang kesulitan matpel, tetapi encer dalam menjawab tipe-tipe soal TPS. Sejatinya mereka hanya malas belajar matpel saja😂. Jadi poinnya di sini adalah pilihlah jurusan-jurusan dengan cara cerdas.  Jangan terpancing emosi dan pilihan-pilihan teman-teman kalian yang pilihanya di jurusan elit-elit. Main aman saja, kecuali kalian siap "berperang" di TPS.


Mengerjakan soal-soal TPS yang berupa deret angka, logika, kogmitif dan nalar sangat mengasyikkan hingga lupa waktu. Sehingga untuk mengerjakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris kehabisan waktu. Rasa penasaran akan mendapatkan jawaban yang tepat, mengulang soal karena gak yakin akan jawaban yang didapat, juga terlalu tekun pada satu soal meski muter-muter gak nemu jawaban sampai harus merasa bisa jelas menguras waktu, menghabiskan jatah waktu teman-teman. Bahaya teman-teman karena kesempatan menambah poin dari soal-soal yang lebih sederhana menjadi sirna. Padahal ada beberapa ujian mandiri kampus-kampus favorit yang menyertakan hasil nilai UTBK untuk seleksinya. Apa nggak ambyar???!!!😓

Saran saya menghadapi TPS ini adalah sering-seringlah berlatih. Karena dengan berlatih maka membiasakan tangan dan otak kita mengerjakan soal-soal bertipe TPS ini. Carilah soal-soal TPS. Oh ya sedikit saran teman-teman bisa mencari soal-soal yang pernah diujikan di STAN. Selain itu juga sering-seringlah mengikuti try out - try out TPS. Ada yang gratis loh. Kerjakan kembali soal-soal tersebut setelahnya. Bagi yang malas ikut try out biasakan minta soal ke teman yang rajin ikut. Nah selanjutnya pada saat pendaftaran pilihlah jurusan dengan cerdas. Ada plan A dan plan B bahkan C. Artinya Pilihan 1 taruh pilihan jurusan sesuai cita-cita, lalu pilihan ke 2 sebagai pengaman, jurusan yang biasa-biasa saja gak favorit atau kamps yang gak favorit-favorit banget. Gak diterima dimana-mana bikin bingung gaes. Mau coba Ujian Mandiri juga pakai nilai UTBK di beberapa kampus. Jadi posisi UTBK ini sangat krusial, layak kalaian perjuangan. Melese di SBMPTN masih bisa lolos di Ujian Mandiri.

Pada saat tes tak ada salahnya membawa cokelat, untuk menaikkan mood. Boleh cokelat apa saja sarah sih yang panjang-panjang itu😁. Jangan lupa datang lebih awal dan mencek lokasi sehari sebelumnya. Oh ya jangan lupa membawa masker dan hand sanitizer ya teman-teman.

Akhir kata saya doakan semoga beruntung dan lulus sehingga diterima di jurusan pilihan pertama🙏

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tes Potensi Skolastik Pada UTBK 2020"

Posting Komentar