Daya Dukung Sekolahan Yang Harus Kalian Perhatikan

Penerimaan mahasiswa baru saat ini bersamaan dengan merebaknya wabah corona atau covid-19. Ada beberapa perubahan yang terjadi berkaitan dengan seleksi ujian yang sudah dijadwakan jauh-jauh hari, Mulai dari hanya soal-soal TPS (Tes Potensi Skolastik) untuk UTBK juga peniadaan tes ujian tulis pada SBMPN dan diganti dengan raport, hal ini  juga digunakan pada ujian mandiri beberapa universitas negeri. Jika kalian bersekolah di sekolah yang dianggap unggulan, maka berbahagialah, peluang kalian lebih besar. Nah bagaimana bisa? Sekolah kan sama saja, sama-sama menuntut ilmu. Sekarang coba perhatikan sekolah-sekolah yang lebih favorit di daerah kalian, coba cek berapa yang diterima melalui jalur SNMPTN, juga beberapa jalur ujian yang menggnakan raport seperti PSSB Undip dll. maka sekolah yang "dianggap favorit" jumlah siswa yang diterimanya pasti lebih banyak jika dibandingkan dengan sekolah yang dianggap nggak favorit. Begitu pula jurusan-jurusannya pasti juga lebih favorit. Nah inilah yang saya sebut sebagai faktor daya dukung sekolah. Entah apalah nama sesungguhnya😀


Tulisan ini tidak bermaksud mengecilkan peluang kalian jika saat ini bersekolah di sekolah yang kurang favorit atau nggak favorit sekalipun. Peluang tetap ada teman-teman💪.  Peluang yang terbuka adalah dengan mengikuti ujian yang ada tes tulisnya semacam UTBK, atau gabungan UTBK dan tes tulis di beberapa ujian mandiri. Cari info ya teman-teman mana kampus yang menggabungkan nilai UTBK dan Ujian Tulisnya. Kalau kalian sukses dalam menjawab soal-soal yang diujikan tentu peluang kalian diterima di jurusan yang teman-teman pilih tentu sangat besar. Karena ini hanya menilai dari poin pengerjaan soal yang teman-teman telah kerjakan.  Namun bagaimana kalau seleksinya hanya melalui raport dan sekolahnya kurang atau malah nggak favorit? Tetap bisa memiliki peluang namun dengan syarat. Waduhhhh apa sih syaratnya ?

Syaratnya adalah :

1. Main aman. Cara main aman adalah menaruh pilihan 1 di jurusan yang teman-teman cita-citakan, dan pilihan 2 di jurusan yang peminatnya kurang, atau jurusan yang kurang favorit sebagai pengaman. Bingung mau menjalani jurusan yang kurang favorit masih enakan daripada bingung tidak diterima dimana-mana.

2. Cari info. Rajin-rajinlah bertanya kepada BK dimanakah kakak-kakak kelas teman-teman diterima lewat jalur undangan, serta jangan lupa menanyakan ada nggak yang diterima melalui jalur undangan tetapi malah tidak diambil? Hindari memilih jurusan dan kampus yang kakak kelas kalian gak mau ambil meski diterima ya teman-teman, ambilah jurusan yang kakak kelas kalian diterima melalui jalur undangan.

3. Pilih kampus yang agak jauh. Biasanya persaingan ketat adalah kampus-kampus ternama, teman-teman pasti pahamlah mana kampus yang favorit dan nggak. Untuk memperbesar peluang ambil kampus yang nggak favorit atau bahkan yang jauh.

4. Banyak berbuat kebaikan, nurut orang tua, jangan membantah. Semua bisa dijalani asal banyak bersabar. 

5. Banyak berdoa.

Nah, semoga teman-teman beruntung diterima di jurusan yang diidam-idamkan sehingga akan menjalani kuliah dengan senang hati, bagi yang diterima di jurusan yang tidak diidam-idamkan saya doakan bersabar, dan jalani kuliah dengan baik karena masa depan kita tidak ada yang tahu🙏


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daya Dukung Sekolahan Yang Harus Kalian Perhatikan"

Posting Komentar