Pangkat Dan Akar

Pangkat dan Akat
Postingan kali ini akan membahas salah satu materi atau bab yang sering keluar pada saat SBMPN atau Ujian Mandiri Politeknik Negeri di PNJ, PENS, POLBAN, Polines, Polinema, dll. Padahal materi bab ini juga sudah dipelajari pada saat kelas 9 SMP. Untuk jenjang SMA materi ini dipelajari pada saat kelas 10 SMA. Bab pangkat dan akar ini menurut saya tidak boleh salah pada saat menjawab pertanyaan💪. Mengapa? Karena bab ini termasuk bab yang mudah dipahami dan dikerjakan. Soal-soal yang berbasis di pangkat dan akar ini merupakan lumbung poin. Karena termasuk lumbung poin maka kita asumsikan banyak peserta ujian menjawab dengan benar. Maka jika kita salah maka kita ada selisih poin yang tertinggal oleh mereka yang menjawab dengan benar. So sad😢. 

Jadi jangan sampai terpeleset ya teman-teman😋 ketika menjawab soal atau pertanyaan di bab mengenai pangkat dan akar. Untuk membantu memahami materi pangkat dan akar, berikut kami tampilkan beberapa persamaan yang berkaitan dengan pangkat dan akar.


Pangkat
Pasti sudah memahami kan mengenai perpangkatan? kalau sudah alhamdulillah. Yang perlu diingat juga di dalam hal perpangkatan adalah tidak operasi perpangkatan yang bernilai negatif. Semua perpangkatan menghasilkan bilangan positif meskipun pangkatnya adalah bilangan negatif. Berikut persamaan bilangan pangkat yang telah kami rangkum:
Operasi Pangkat
Akar
Setelah memahami beberapa persamaan dalam bentuk pangkat maka selanjutnya adalah memahami beberapa persamaan dalam bentuk akar. Akar dan pangkat ini saling berhubungan (tapi nggak pacaran loh ya😀). Artinya ada bentuk pangkat yang merepresentasikan bentuk akar. Nah kalau di persamaan pangkat di atas maka bentuk hubungan itu seperti poin c, atau lengkapnya adalah seperti persamaan di bawah ini :
Hubungan Akar dan Pangkat
Operasi Bentuk Akar
Operasi bentuk akar sama dengan operasi pada bilangan meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan juga pembagian. Beberapa persamaan dalam operasi bentuk akar adalah sebagai berikut :
Operasi Bentuk Akar
Menyederhanakan Akar
Untuk pembahasan setelah operasi bentuk akar adalah cara menyederhanakan akar. Menyederhanakan akar ini penting karena terkadang ada soal bentuk akar yang kelihatan rumit dan sulit dikerjakan. Namun setelah disederhanakan menjadi lebih mudah dipahami dan dikerjakan. Beberapa cara dalam menyederhanaan akar kami rangkum sebagi berikut :
Menyederhanakan Akar
Rasionalisasi Akar
Rasionalisasi akar ini pada dasarnya adalah mengalikan sebuah akar dengan akar sekawannya. Misalkan pada sebuah perhitungan mengenai akar dihasilkan sebuah pecahan dan yang menjadi penyebut adalah bentuk akar maka hasil tersebut harus dirasionalkan supaya penyebut dari hasil tersebut tidak dalam bentuk akar. (Sumbernya dari Guru MTK SMA saya😊 ... Sehat terus nggih pak🙏... sungkem). Mengenai penyebut sebuah pecahan agak "mengharamkan" dalam bentuk akar lain kali saya carinya dari sumber yang relevan, mengingat kadang masih saja ada soal yang "bandel" yang pilihan atau choice-nya masih menyertakan penyebut dalam bentuk akar😂 . Beberapa cara atau langkah dalam merasionalkan bentuk akar adalah sebagai berikut :
Merasionalkan Akar
Demikian beberapa persamaan bentuk pangkat dan akar. Persamaan-persamaan ini akan banyak membantu kita menghadapi soal bentuk pangkat dan akar yang sering keluar pada saat SBMPN, Ujian Mandiri Politeknik Negeri, Ulangan harian, PTS, PAS atau UAS. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pangkat Dan Akar"

Posting Komentar