Keunggulan Kuliah Di Politeknik

Keunggulan Kuliah di Politeknik

Postingan ini berusaha menjawab kegalauan teman-teman kelas 12 SMA yang sebentar lagi harus meneruskan ke jenjang kuliah. Banyak rumor beredar di luar sana tanpa ada bukti hanya berdasarkan perasaan saja😢. Sebetulnya kembali ke diri masing-masing untuk melanjutkan ke mana..... S1 atau Vokasi, yang gak boleh adalah memilih jurusan karena gengsi dengan teman atau sekedar ikut-ikutan. Pahami dulu kemampuan kalian, bisa apa nggak bersaing dengan teman-teman lain sesekolahan juga teman-teman dari sekolah lain bahkan juga yang di luar kota. Visi kita harus diperluas dan perhitngan harus matang karena pesaing kita dari mana-mana. Kalau menurut saya pribadi (boleh beda lohh😀), baik S1 atau Vokasi sama baiknya. Yang penting gak salah jurusan. Ok kita bahas rumor yang beredar yang beredar dulu ya teman-teman.
Rumor Yang Beredar
Namanya rumor ya tergantung siapa yang buat. Kalau yang buat suka kuliah di S1 ya pasti agak mendiskreditkan D3 atau Vokasi. Begitu juga sebaliknya😂. Udahlah yang penting diterima PTN dan gak salah jurusan💪. Rumor yang pernah beredar adalah sebagai berikut :
     1. Kuliah di Vokasi atau D3 adalah kuliah yang nanggung.
     2. Ah 3 tahun... nambah dikit dapat S1.
     3. Sama-sama mikir berat mending S1 sekalian.

Baca Juga : Tentang Politeknik

Pernah kan dengar yang seperti ini? Rumor-rumor ini membuat gamang bagi yang akan milih Vokasi, D3 atau D4. Kita bahas ya... udah tahu kan vokasi sekarang ada D4? D4 ini setara S1 loh💪 bahkan bisa langsung ambil S2 atau pasca sarjana (Magister Terapan) tanpa harus kuliah S1 dulu. Ok kita banding kan dengan D3. Kita ibaratkan S1 adalah sebuah mobil yang memiliki top speed 200 km/jam sedangkan D3 sebuah mobil yang memiliki top speed 120 km/jam. Perbandingan ini jelas nggak apple to apple😂, tapi tetap kita buat saja. Sesuai pikiran si pembuat rumor bahwa S1 lebih baik, katakan begitu, maka jika kedua-duanya berada pada level top speed maka S1 lah yang menang. Top speed ini pengandaian dari keberhasilan mahasiswa dalam mengarungi dunia perkuliahan. Lebih banyak ilmu. Namun bagaimana kalau kuliahnya ngos-ngosan, gak lulus-lulus matkul tertentu yang konon merupakan kuburan mahasiswa. Apalagi kalau sudah hanyut dalam dunia hedonis hingga lupa kalau sedang kuliah. Sedangkan yang D3 berada pada level top speed. Jelas D3 menang banyak. Kesimpulan yang bisa ditarik dari sini adalah maksimalkan kemampuan dan kesempatan dalam menimba ilmu di jenjang manapun, baik S1, D3 atau D4 nasib ke depan kita gak ada yang tahu. 

Keunggulan Vokasi
Meski S1 juga banyak kelebihannya, tetapi Vokasi juga memiliki kelebihan/keunggulan sendiri. Sekali lagi boleh beda loh😀. Kelebihan S1 gak saya bahas di sini. Wah gak adil dong😋? Ingat judulnya ya... Keunggulan Kuliah di Politeknik. Itu seperti batasan masalah kalau buat makalah😆. Beberapa Keunggulan kuliah di Politeknik yaitu :
    1. Meringankan beban orang tua.
    2. Cepat lulus dan dapat kerja
    3. Saingan lebih sedikit dibanding S1.
    4. Banyak prakteknya.
    5. Gak pusing ambil Matkul waktu KRS ( Sistem paket)
    
Meringankan beban orang tua
Bagaimana nggak meringankan kalau kuliah cuma 3 tahun untuk D3 ya D4 beda lagi. Otomatis biaya kuliah lebih ringan. Biaya kuliah yang semakin wow😂 dan biaya hidup termasuk kost, makan, fotokopi, bensin, dll sangat membebani orang tua. Gak tahu kalau ortunya termasuk mampu... 😊 atau kalian sudah bisa menghasilkan uang sendiri.

Cepat Lulus Dan Cepat Kerja
Karena sistem paket maka asal serius maka bisa dipastikan bisa lulus sesuai waktunya. Lulus setelah 3 tahun menempuh pendidikan vokasi (untuk D3). Kalau S1 karena sistinya KRS maka kadang ada matkul bersyarat yang kelewat sehingga berpeluang menambah waktu studi (Pengalaman teman😂). Setelah lulus kemungkinan dapat kerja berarti lebih cepat dibangkan dengan S1. Setelah memiliki gaji bisa sedikit membalas budi ke orang tua.

Saingan Lebih Sedikit Dibanding Kuliah S1
Dalam masa-masa penerimaan mahasiswa baru, yang memilih vokasi jumlahnya lebih sedikit dibanding S1. Ini kenyataan yang pernah tanyakan ke teman-teman saya waktu sekolah dulu. Etah karena rumor di atas atau sebab lain. Tapi bagi saya ini adalah keuntungan yang besar. Pesaing lebih sedikit memperbesar peluang saya di terima di kampus vokasi pilihan. Padahal juga banyak kampus vokasi yang sudah berprestasi gemilang, semisal yang di Surabaya pernah juara kontes robot di luar negeri. Cari saja nama robotnya Effiro dan Eilero💪.

Banyak Prakteknya
Kuliah di vokasi banyak prakteknya. Bagi orang kaya penulis yang aras-arasen mikir😂 (males berpikir) ini lebih menguntungkan. Nggak tahu kalau praktek cepat sekali paham sedangkan mengulik persamaan seringkali mumet duluan. Perbandingan teori dan praktek sekitar 40% teori dan 60% praktikum. Sabar saja dalam membuat laporan😁.

Gak Pusing Waktu KRS
Waktu KRS bagi S1 adalah waktu yang mendebarkan. Apalagi kalau ada gebetan. Bisa nggak ya sekelas? padahal pacaran sekelas banyak gak enaknya😎. Dulu-duluan dapat kelas dengan jumlah murid terbatas membuat mumet apalagi bagi yang kuliah yang mahasiswanya banyak. Kalau vokasi kan biasanya sistem paket. jadi gak perlu mumet-mumet, meski hanya 6 bulan sekali.

Begitulah keunggulan kuliah di politeknik versi saya😂. Beda boleh loh ya.... salam🙏

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keunggulan Kuliah Di Politeknik"

Posting Komentar