Ingin Lulus SBMPN atau Ujian Mandiri Politeknik? Lakukan Langkah Mudah Ini

SBMPN
Bagi kalian yang saat ini sedang duduk di kelas 12 SMA, wajar untuk merasa gelisah, bimbang, bahkan stress karena sudah harus menentukan tempat kuliah. Belum lagi pilihan S1 atau Vokasi. Memilih jurusan atau jenjang ini hal yang sangat penting karena akan menyangkut apa yag akan kalian kerjakan ketika sudah memasuki jenjang kerja nanti. Nah bagi yang sudah menentukan pilihan untuk melanjutkan di politeknik negeri, ini ada beberapa tips dalam menghadapi ujian.


Keunggulan Politeknik/Vokasi
Sebelum membahas mengeni tips-tips dalam menghadapi seleksi masuk Politeknik, kita bahas dulu keuntungan-keuntungan dalam seleksi masuk politeknik negeri. Beberapa keuntungan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jumlah pesaing
Jumlah pesaing pada saat SBMPN atau Ujian Mandiri Politeknik lebih sedikit jika dibandingkan dengan jumlah peserta UTBK. Ini menguntungkan karena membuat peluang diterima menjadi ebih besar.

2. Materi Soal Ujian
Materi soal yang diujikan tidak seberat UTBK, SIMAK, Atau UM UGM. Ini bersifat individual sih😊, tapi menurut perasaan saya memang begiu adanya. Ini membuat penyelesaian soal menjadi lebih mudah dijangkau.

Belajar SBMPN & Mandiri PN Mulai dari Sini : Pangkat dan Akar

3. Tersedia 2 pilihan jenjang D3 dan D4
Nah bagi yang ingin setara S1 tinggal pilih D4 dan yang ingin cepat lulus pilih jenjang D3.

4. Waktu pelaksanaan ujian
Ujian Mandiri politeknik negeri yang diadakan masing-masing kampus pelaksanaannya termasuk di akhir-akhir dari seluruh seleksi, SNMPTN, SBMPTN, SNMPN dll. Bahkan berbarengan dengan Ujian mandiri beberapa kampus universitas. Ini membuat peserta sudah terpecah. Belum lagi yang sudah lulus seleksi-seleksi sebelumnya. Ini memudahkan persaingan, dan membuat peluang diterima menjadi lebih besar.

Itulah beberapa keunungan yang akan didapat jika memilih politekni atau vokasi untuk jenjang perguruan tinggi.

Jalur Masuk Politeknik
Ketika sudah memilih politeknik negeri akan ada beberapa jalur seleksi yang bisa diambil. Mulai dari jalur nilai raaport/prestasi ataupun jalur ujian tulis mandiri. Jalur-jalur seleksi itu adalah :

1. SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri)
Jalur ini jalur seleksi pertama. Biasanya dimulai bulan januari tiap tahunnya diumumkan bulan maret. Jalur ini menggunakan nilai raport semester 1 sampai semester 5. Dulu disebut PMDKPN, beberapa siswa menyebut jalur undangan. Bagi yang ingin jalur ini perhatikan kakak kelas, minta info ke guru BK, banyak diterima dimana saja? diambil atau tidak kuliahnya? Pilihlah yang banyak kakak kelas kuliah di sana.

2. SBMPN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri)
Jalur ini merupakan tahapan seleksi kedua. Pelaksanaannya berbarengan di seluruh politeknik negeri. Biasanya dimulai di bulan mei dan diumumkan juli. Mirip-mirip SBMPTN lah. Merupakan Ujian tulis dengan materi ujian Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa inggris. Namun beberapa kampus ada yang menambahkan TPS atau Tes Potensi Skolastik. Untuk Skor benar +4 salah -1 (NB. Kalau belum diupdate). 

3. Ujian Mandiri
Ujian ini merupakan jalur seleksi terakhir tiap tahunnya. Pelaksanaanya setelah SNMPN dan SBMPN. Dimulai bulan Juni dan diumumkan Juli. Sama seperti SBMPN materi yang diujikan adalah Matematika, Fisika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Juga perlu diwaspadai adanta TPS.

Tips SBMPN dan Mandiri PN
Tips ini tidak 100% menjamin kalian akan diterima. Namun hanya memperbesar peluang diterima💪. Beberapa tips yang bisa kalian lakukan adalah :

1. Cari soal tahun lalu.
Carilah soal-soal tahun lalu atau sebelumnya dan cobalah mengerjakan. Berdasarkan pengamatan tidak ada perubahan materi yang keluar secara drastis. Lakukan metode A-T-M-U.

2. Cari website dan Chanel Youtube
Carilah situs-situs atau chanel-chanel Youtube yang membahas soal SBMPN dan Ujian Mandiri, seperti web ini😀. Belajarlah dengan tekun.

3. Jangan Stress
Stress hanya akan membuat keadaan menjadi sulit. Tenanglah, belajarlah dan hadapilah.

4. Ikutlah SBMPN
Soal-soal yang keluar di SBMPN biasanya mirip dengan yang akan keluar di Ujian Mandiri PN. Jadi seandainya SBMPN gagal soal-soal tersebut bisa kalian pelajari untuk menghadapi ujian mandiri. Jadi pilih kampus yang sama ya antara SBMPN dan Ujian Mandirinya.

5. Tentukan Target
Misal kita tentukan target untuk diterima harus bisa mengerjakan minimal 85 soal. Sedangkan pas pelaksanaan kalian hanya bisa 60 soal. Jika tetap bertahan di 60 soal maka kemungkinan tidak diterima. Lalu harus bagaimana? mau nggak mau harus ngasal. Ngasalah sesuai target soal jadi kalau target 85 ya harus ngasal 25 soal. Mudah-mudahan beruntung😀. Tapi semoga ini tak terjadi di diri kalian. Saya doakan kalian lancar mengerjakan sesuai target, ya minimal 90 soal lah menjawab dengan benar. Amin.

Itulah beberapa hal dan tips agar lulus dalam SMPN dan Ujian Mandiri Politeknik Negeri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Lulus SBMPN atau Ujian Mandiri Politeknik? Lakukan Langkah Mudah Ini"

Posting Komentar