Bermain Perkalian (Bermain Matematika)


Gimana teman-teman apakah semua sehat😊? Saya berharap teman-teman semua dalam keaadaan sehat wal afiat. Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai sebuah permainan. Permaianan matematika yang akan membantu kita untuk mengingat hasil perkalian di bawah 100. Perkalian adalah salah satu operasi bilangan yang sangat penting. Dengan perkalian kita bisa mengerjakan operasi campuran pada bilangan, menghitung luas, volume, debit, kecepatan juga pembagian. Namun kendala di lapangan atau kelas beberapa di antara kita ada yang belum hafal perkalian di bawah 100. Akibatnya kesulitan untuk mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan perkalian. Ketika terdapat kesulitan akhirnya muncul rasa malas. Rasa malas memicu penurunan prestasi belajar. Karena berkaitan dengan cara menyelesaikan permasalahan matematika, bahkan hampir semua pasti berhubungan dengan perkalian, maka perkalian adalah wajib untuk bisa. Untuk bisa perkalian puluhan, ratusan bahkan ribuan dasarnya adalah perkalian di bawah 100. Nanti tinggal dikalikan dengan cara disusun. OK...setelah panjang lebar😀 marilah kita bahas mengenai permaianan perkalian ini.

Alat dan Bahan
1. Bola pingpong sebanyak 18 (Boleh pakai bola apa saja)
2. Spidol
3. Kantong kain 2 buah ( kresek hitam juga bisa)
4. Pulpen
5. Kertas
Langkah 
1. Tulis pakai spidol ada bola pingpong angka 1 sd 9, masing-masing bola 1 angka saja.
2. Masukkan bola berangka 1 sd 9 ke kantong satu, siasanya yang juga berangka 1 sd 9 ke kantong yang lain.

Cara bermain
Salah seorang maju mengambil bola di kantong 1 dan kantong 2. Angka yang ada di bola dari kantong satu dan kantong 2 harus dikalikan. Diberi waktu paling lama 30 detik. Guru sebagai juri menentukan jawaban peserta tadi benar atau salah. kalau benar diberi nilai +4, kalau salah -1, kalau tidak bisa 0. Setelah menjawab, peserta tadi kembali dan digantikan oleh peserta lain dengan langkah yang sama. Yaitu mengambil bola dari kantong 1 dan kantong 2, menjawab perkaliannya begitu seterusnya. Pemenang adalah yang poinnya paling banyak💪.

Nah pengalaman maju mengambil bola dan menjawab selain melatih anak untuk menjawab perkalian juga melatih anak untuk berani tampil di depan. Bagi peserta yang belum mendapat giliran juga bisa sambil belajar perkalian dengan menjawab dalam hati hasil perkalian dua angka di bola yang diambil temannya. Biasanya menurut pengalaman dengan kegiatan bermain anak-anak lebih gampang untuk paham dan menghafal perkalian. Selamat mencoba😃

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bermain Perkalian (Bermain Matematika)"

Posting Komentar