4 Langkah Mudah dalam Belajar (Metode A-T-M-U)

Contoh Buku yang Banyak Pembahasanya


Postingan kali ini kita akan membahas tentang cara-cara mengefektifkan belajar dalam 4 langkah mudah. Belajar yang kelihaatan rumit terutama buat mata pelajaran yang ada unsur-unsur menghitung dan menalar dapat diefektifkan dengan mudah melalui 4 langkah ini. 4 langkah ini sebut saja langkah atau metode ATMU. Apakah ATMU itu? ATMU adalah kepanjangan dari Amati, Tiru, Modifikasi, dan Ulangi. Metode ini sudah berdasarkan pengalaman ketika kuliah, mata kuliah yang sulit-sulit ternyata bisa ditaklukkan😊. Mari kita bahas satu-satu. Yuk mari😄

AMATI
Langkah pertama adalah A, Amati, langkah yang menggunakan panca indera mata. Langkah ini akan lebih mudah jika kalian mempunyai buku-buku yang banyak contoh-contoh soalnya. Buku ini biasanya berbeda dengan buku pegangan sekolah. Menabung dan belilah, gak harus dari penerbit tertentu, tetapi ingat, yang banyak contoh pembahasan soalnya. Boleh komen di inbox di bawah kalau belum paham contoh bukunya ya...😃. Ok kita anggap buku itu sudah ada. Coba perhatikan contoh-contoh soal yang ada pembahasannya. Amati juga tipe-tipe soal yang ada dengan tiap tipe soal tentu berbeda pembahasannya. Baca dan pahami ya langkah-langkahnya....

Baca Juga : Jadwal Penerimaan Politeknik

TIRU
Langkah selanjutnya adalah T, Tiru, langkah ini membutuhkan alat tulis. Pulpen dan kertas. Kertas sisa-sisa fotokopian yang gak kepake bisa dipakai bila baliknya masih kosong. Gak perlu kertas baru, pengiritan 😅. Coba tutup pembahasan soal yang kita amati tadi. Cobalah kerjakan yang sudah kita amati tadi tanpa lihat pembahasan. Kalau bisa berarti sudah paham, kalau belum ya lihat pembahasannya sekali lagi, tutup, dan cobalah mengerjakan lagi sampai lancar. Lakukan untuk tipe-tipe soal yang berbeda. Setelah sekian lama misal 3 hari sesudah pengerjaan yang pertama coba langi lagi dengan tanpa melihat pembahasan ya....😋. 

MODIFIKASI
Langkah ketiga adalah M, Modifikasi, setelah langkah kedua lancar, cobalah mengerjakan soal sesungguhnya di buku tersebut atau buku lain dalam bab yang sama. Soal-soal yang tidak ada pembahasannya. Gunakanlah pengetahuan dari langkah 1 dan 2, berlogikalah dan berimajinasilah😅.

ULANGI
Langkah keempat U, Ulangi, langkah ini bertujuan untuk semakin mengingat apa-apa yang pernah kita pelajari. Sesuai peribahasa "alah bisa karena biasa". Ulangi terus jangan pernah bosan. Coba terus dengan soal-soal yang baru, ulangi lagi. Kalau mentok cari soal yang mirip yang sudah ada pembahasannya dan ulangi mulai langkah 1 kembali.

Demikian semoga bermanfaat postingan kali ini, dengan langkah-langkah ini jika suatu saat otak kita lupa, tangan kita tidak😁. Semoga metode ini juga memudahkan kita untuk menghadapi Ujian Kenaikan Kelas, UTBK, SBMPN dan Ujian Mandiri Politeknik Negeri.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Langkah Mudah dalam Belajar (Metode A-T-M-U)"

Posting Komentar